aRtmGj9nYCRgAUanjInMp3gEbQOqXBW58gLhi6IP

Aspek Geografi

Zona Geografi - Aspek Geografi - Geografi memilki kajian yang sangat luas sehingga berkaitan dengan disiplin ilmu lain. Keterkaitan geografi dengan ilmu lainnya dapat dibedakan berdasarkan aspek-aspek geografi. 



Aspek-aspek geografi terdiri atas dua kelompok, yaitu aspek yang berkaitan dengan lingkungan fisik dan aspek yang berkaitan dengan lingkungan nonfisik.
1) Aspek Fisik
Aspek fisik geografi mengkaji segala fenomena geosfer yang mempengaruhi kehidupan manusia, meliputi aspek topologi, biotik, dan abiotik.
a) Aspek Topologi
Aspek ini membahas tentang hal yang berkenaan dengan letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka bumi, luas area dan batas-batas wilayah yang memiliki ciri-ciri khas tertentu.
b) Aspek Biotik
Aspek ini membahas tentang hal yang berkenaan dengan unsur vegetasi seperti (tumbuh-tumbuhan atau flora, dunia binatang atau fauna) dan kajian penduduk.
c) Aspek Abiotik
Aspek ini membahas tentang hal yang berkenaan dengan unsur kondisi tanah, tata air (hidrologi) baik itu perairan, darat maupun laut dan kondisi iklim dari suatu wilayah.
Aspek fisik geografi merupakan aspek alamiah yang ada di Bumi, mulai dari air, udara, iklim, tanah batuan dan lainnya

2) Aspek Sosial
Geografi mengkaji keterkaitan manusia dengan fenomena yang terjadi di geosfer. Aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis, dan aspek yang berhubungan dengan pola hidup manusia (kebudayaan). Pada aspek sosial manusia berperan sebagai fokus utama dari kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan kaitan perilaku manusia dengan lingkungannya.
Aspek-aspek sosial terdiri sebagai berikut.
a) Aspek Sosial
Aspek ini membahas tentang hal yang berkenaan dengan unsur adat-istiadat, tradisi, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.
b) Aspek Ekonomi
Aspek ini membahas tentang hal yang berkenaan dengan unsur pertanian, pertambangan, perkebunan, perikanan, perdagangan, industri, transportasi dan pasar.
c) Aspek Budaya
Aspek ini membahas tentang hal-hal yang berkenaan dengan unsur agama, pendidikan, kesenian dan bahasa.
d) Aspek Politik
Aspek ini membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kepemerintahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.

Aspek Sosial adalah aspek yang menitikberatkan fokus kepada proses interaksi, sebab dan akibat yang ditimbulkan, perilaku, kebiasaaan, dan hasil yang dibuat oleh manusia.

Itulah dia materi tentang aspek geografi, semoga bermanfaat, apabila artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan kepada yang membutuhkan. terima kasih
Related Posts
Zona Geografi
Seorang penggiat pengetahuan geografi yang selalu ingin berbagi pengetahuan dan informasi mengenai fenomena yang terjadi di Bumi

Related Posts

Posting Komentar