aRtmGj9nYCRgAUanjInMp3gEbQOqXBW58gLhi6IP

Syarat Peta

Zona Geografi - Syarat Peta - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, terima kasih telah bersedia mengunjungi blog zona geografi, pada artikel sebelumnya kita sudah mempelajari tentang fungsi peta, nah, pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai peta yaitu tentang syarat peta. 

Teman-teman apabila mendapati sesuatu alat yang bisa berguna untuk kehidupan kita tentunya harus ada standarnya ya, Kenapa harus ada standarnya? standar itu diperlukan untuk mengukur layak atau tidaknya suatu alat untuk digunakan oleh pengguna. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai syarat yang harus terpenuhi pada suatu peta agar layak untuk digunakan oleh pengguna. jadi apa saja syarat yang diharuskan terpenuhi oleh sebuah peta? berikut ini merupakan syarat peta.

  • Peta harus mudah dipahami, tidak membingungkan Pembaca peta
  • Peta itu Harus EQUIDISTANT yaitu jarak yang tergambar pada peta harus sama dengan jarak sesunggunhnya dilapangan
  • Peta itu Harus EKUIVALEN yaitu luas daearah yang digambar harus sama dengan luas sesunggungnya dilapangan
  • Peta itu Harus CONFORM yaitu bentuk daerah/wilayah yang digambar pada peta harus sama dengan dilapangan
  • Peta Dalam penyajiannya peta harus teliti, sistematis dan lengkap
  • Peta harus menarik, indah dan bersih, agar menarik pembaca peta

Demikianlah artikel kali ini mengenai syarat-syarat peta agar bisa layak digunakan oleh pengguna, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian, dan bisa menjadi salah satu referensi tambahan bagi yang sedang mempelajari geografi, khususnya materi kelas x tentang pemetaan. Silahkan bagikan artikel ini apabila bermanfaat, tuliskan pertanyaan, kritik dan saran pada kolom komentar di bawah.

Related Posts
Zona Geografi
Seorang penggiat pengetahuan geografi yang selalu ingin berbagi pengetahuan dan informasi mengenai fenomena yang terjadi di Bumi

Related Posts

Posting Komentar