aRtmGj9nYCRgAUanjInMp3gEbQOqXBW58gLhi6IP

Letak Luas dan Batas Wilayah Indonesia

Zona Geografi - Letak Luas dan Batas Wilayah Indonesia - Selamat berjumpa kembali, terima kasih telah berkunjung di situs ini. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak kawan-kawan semua mengenal pengetahuan dasar tentang negara tercinta kita ini, yaitu Indonesia. Sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus sangat kenal tentang kondisi negara kita, agar tidak kehilangan sesuatu apapun. Sebenarnya ini adalah pengetahuan dasar yang sayangnya banyak orang yang abai akan informasi ini, meskipun dasar namun pengetahuan ini sangat penting sekali ya.
Layaknya rumah kita, kita harus tahu dimana letak rumah kita, berapa luas rumah kita, dan batas dengan tetangga kita siapa saja, tentunya kita tidak mau dong, kalau ada tamu penting ke rumah kita terus dia nyasar karena kita tidak bisa menjelaskan kepada tamu dimana letak rumah kita, masih mending ya kalau yang nyasar itu orang lain, lah, kalau kita sendiri yang punya rumah mau pulang tiba-tiba nyasar ga bisa pulang ke rumah, tidak lucu ya pemirsa, terus apabila luasan tanah rumah kita tahu-tahu dipersempit oleh orang tidak dikenal dengan bantuan orang yang punya jabatan di instansi atau departemen tertentu dengan trik-trik yang tidak masuk akal, dan juga kalau batas rumah kita digeser oleh tetangga kita yang usil, semua itu bisa saja terjadi ya pemirsa.
Sama halnya dengan negara kita, apalagi negara kita memiliki banyak kekayaan yang sangat berlimpah, bisa saja tetangga negara usil dan berusaha menggeser batas wilayah negara dengan cara mengklaim pulau terluar yang menjadi batas negara kita, maka dari itu, sebagai warga negara yang baik, setidaknya kita harus mengenal letak wilayah indonesia, luas wilayah indonesia, dan batas wilayah indonesia agar ketika negara kita disengketakan oleh negara lain, kita bisa melawan dengan data yang akurat. Jadi, seperti apa penjelasan mengenai letak, luas dan batas wilayah Indonesia, mari kita kupas sampai tuntas di bawah ini.



1. Letak Indonesia

Istilah letak dalam geografi sangatlah penting dalam mengkaji fenomena pada suatu wilayah atau region, dalam konsep geografi letak merupakan turunan dari pembahasan tentang lokasi objek di permukaan bumi, letak suatu negara biasanya dikaji dalam 4 kategori yang mempengaruhi negara tersebut, diantaranya adalah letak astronomis, letak geografis, letak geologis, dan letak budaya.

1.1 Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis adalah letak suatu tempat dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis imajiner yang membentang horisontal melingkari bumi sedangkan garis bujur merupakan garis imajiner yang melingkari bumi secara vertikal. Garis Lintang dan Bujur dibagi menjadi dua yaitu Garis Lintang Utara dan Garis Lintang Selatan yang dibatasi oleh garis ekuator(khatulistiwa) dan Garis Bujur Barat dan dan Bujur Timur yang dibatasi oleh Greenwich Mean Time (GMT).
Letak Astronomis Indonesia adalah 6o LU - 11o LS dan antara 95o BT - 141o BT
Keterangan :
LU = Lintang Utara
LS = Lintang Selatan
BT = Bujur Timur

Letak astronomis yang dimiliki Indonesia ini membuat beberapa pengaruh terhadap negara Indonesia, garis lintang berpengaruh pada iklim dan garis bujur berpengaruh pada zona waktu.
Garis lintang yang melalui Indonesia menempatkan negara ini berada pada kawasan tropis, hal ini membuat negara Indonesia selalu disinari matahari sepanjang tahun. Di Indonesia hanya terjadi dua kali pergantian musim dalam setahun, yaitu musim kemarau dan hujan. Negara-negara yang memiliki iklim tropis pada umumnya mempunyai sumberdaya alam yang berlimpah. Iklim tropis dipengaruhi oleh curah hujan yang sangat tinggi, hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat flora dan fauna beraneka ragam dengan jumlah yang sangat banyak.
Garis Bujur yang membujur dari utara ke selatan memisahkan beberapa wilayah bagian di Indonesia ke dalam beberapa zona waktu, ini terjadi karena ketika bumi berotasi, matahari tidak serentak menyinari dan tenggelam di seluruh wilayah di Indonesia dalam waktu yang sama, tetapi terjadi secara bertahap. Garis bujur memisahkan indonesia ke dalam tiga zona waktu yaitu, Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT), Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).
Kembali Ke Daftar Isi


1.2 Letak Geografis Indonesia

Letak geografi merupakan letak berdasarkan posisi nyata sebagai pembanding dengan daerah lain, indikator yang dilihat biasanya adalah kondisi fisik daerah sekitar.
Letak geografis Indonesia berada diantara Benua Asia di sebelah barat laut dan Benua Australia di sebelah tenggara, Serta Samuderah Hindia di sebelah barat daya dan Samudera Pasifik di sebelah timur laut.
Letak geografis Indonesia sebenarnya sangat menguntungkan sekali dalam bidang ekonomi karena Indonesia berada pada posisi strategis persimpangan lalu lintas Dunia. Letak Geografis merupakan salah satu determinan yang menentukan masa depan suatu negara dalam melakukan hubungan internasional, namun tampaknya tidak semua orang di negara ini sadar dengan anugerah yang sangat besar ini, dan kita hanya menjadi penonton lalu lintas perekonomian yang melaju di depan mata kita.

1.3 Letak Geologis Indonesia

Letak geologis merupakan letak yang dilihat berdasarkan keadaan formasi batuan yang berada dalam suatu negara. Keadaan formasi batuan erat kaitannya dengan sistem pegunungan dalam suatu wilayah.
Berdasarkan letak geologi, Indonesia terletak pada pusat pertemuan dua pegunungan muda yaitu sirkum pegunungan mediterania yang berada di sebelah barat Indonesia dan sirkum pegunungan pasifik yang berada di sebelah tengah Indonesia.
Berdasarkan keadaan geologinya, Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah geologi :
  • Dangkalan Sunda
  • Dangkalan Sahul
  • Dangkalan Peralihan antara Sunda dan Sahul

  • 1.4 Letak Budaya Indonesia

    Berdasarkan letak kebudayaannya, Indonesia berada diantara dua corak kebudayaan yang berbeda, hal inilah yang menjadikan budaya di Indonesia sangat beragam, selain dari adaptasi dari karakteristik kepulauan yang berbeda, letak budaya juga berperan penting dalam mempengaruhi budaya Indonesia dari luar.
    Berdasarkan letak budayanya, Indonesia berada diantara Budaya Timur yang berada di Benua Asia dan Budaya Barat yang berada di Benua Australia.
    Kembali Ke Daftar Isi



    2 Luas Wilayah Indonesia

    Indonesia merupakan negara kepulauan terluas di Asia Tenggara, terluas nomor 5 di Benua Asia, dan terluas nomor 13 di Dunia. Berikut merupakan luas wilayah Negara Indonesia
    1. Luas Daratan = 1.910.931,32 km² (kemendagri, Mei 2010)
    2. Luas Lautan = 3.544.743,9 km² (UNCLOS 1982) terdiri dari:
    • Luas Laut Teritorial = 284.210,90 km²
    • Luas Zona Ekonomi Ekslusif = 2.981.211,00 km²
    • Luas Laut 12 Mil = 279.322,00 km²

    3 Batas Wilayah Indonesia

    Setiap negara berhak untuk menetapkan batas terluar wilayahnya, bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan batas negaranya tidak hanya berada di daratan saja, tetapi mempunyai batas terluar di lautan juga, berikut merupakan batas daratan dan lautan Negara Kesatuan Republik Indonesia :

    3.1 Batas Darat Wilayah Indonesia

    Negara Kesatuan Republik Indonesia berbatasan dengan 10 (sepuluh) negara tetangga. Di darat, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Papua New Guinea (PNG) dan dengan Timor-Leste. Sedangkan dilaut, Indonesia berbatasan dengan India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Palau, Papua Niugini, Ausralia dan Timor-Leste. Batas wilayah negara Indonesia adalah sebagai berikut.
  • Selatan : Australia, Timor-Leste
  • Barat : India
  • Utara : Thailand, Malaysia, Singapore, Malaysia, Vietnam, Philipina, Rep. Palau
  • Timur : Papua Nugini
  • Kembali Ke Daftar Isi


    3.2 Batas Laut Indonesia

    Sesuai dengan Hukum Laut Internasional yang telah disepakati oleh PBB tahun 1982,maka wilayah laut Indonesia dapat dibedakan tiga macam, yaitu:
    1. Laut Teritorial
      Batas laut Teritorial adalah garis khayal yang berjarak 12 mil laut dari garis dasar ke arah laut lepas. Jika ada dua negara atau lebih menguasai suatu lautan, sedangkan lebar lautan itu kurang dari 24 mil laut, maka garis teritorial di tarik sama jauh dari garis masing-masing negara tersebut. Sebuah negara mempunyai hak kedaulatan sepenuhnya sampai batas laut teritorial, tetapi mempunyai kewajiban menyediakan alur pelayaran lintas damai baik di atas maupun di bawah permukaan laut.
    2. Landas Kontinen
      Landas Kontinen adalah dasar laut yang secara geologis maupun morfologi merupakan lanjutan dari sebuah kontinen (benua). Kedalaman lautnya kurang dari 150 meter. Indonesia terletak pada dua buah landasan kontinen, yaitu landasan kontinen Asia dan landasan kontinen Australia. Adapun batas landas kontinen tersebut diukur dari garis dasar, yaitu paling jauh 200 mil laut.
    3. Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE)
      Zona Ekonomi Eksklusif adalah jalur laut selebar 200 mil laut ke arah laut terbuka diukur dari garis dasar. Di dalam zona ekonomi eksklusif ini, Indonesia mendapat kesempatan pertama dalam memanfaatkan sumber daya laut. Di dalam zona ekonomi eksklusif ini kebebasan pelayaran dan pemasangan kabel serta pipa di bawah permukaan laut tetap diakui sesuai dengan prinsip-prinsip Hukum Laut Internasional, batas landas kontinen, dan batas zona ekonomi eksklusif antara dua negara yang bertetangga saling tumpang tindih, maka ditetapkan garis-garis yang menghubungkan titik yang sama jauhnya dari garis dasar kedua negara itu sebagai batasnya
    Kembali Ke Daftar Isi

    Related Posts
    Zona Geografi
    Seorang penggiat pengetahuan geografi yang selalu ingin berbagi pengetahuan dan informasi mengenai fenomena yang terjadi di Bumi

    Related Posts

    Posting Komentar