aRtmGj9nYCRgAUanjInMp3gEbQOqXBW58gLhi6IP

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Zona Geografi - Pengertian Geografi Menurut Para Ahli - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat bergabung dan terima kasih telah berkunjung, ini merupakan tulisan pertama saya, dan kali ini saya ingin mengajak berkenalan dengan orang-orang hebat yang menyumbangkan pemikirannya tentang Geografi, mereka adalah orang-orang yang merumuskan pemikiran tentang dasar geografi. Tentunya kita sering mendengar dan melihat kata Geografi, namun tahukan kalian geografi itu apa? akan ada banyak sekali jawaban dari satu pertanyaan tersebut, karena Geografi merupakan ilmu yang dinamis dan cakupannya sangat luas.
Berbagai ahli mengemukakan pemikirannya tentang pengertian geografi, sesuai dengan perkembangan zaman tentunya. nah, penasaran kan apa sih geografi itu? dan apa saja pengertian geografi menurut para ahli, mari kita simak sama-sama pengertian geografi menurut para ahli di bawah ini.



Thales (624-546 SM)
Thales bisa saja digolongkan menjadi orang pertama yang mencetuskan pemikiran tentang keGeografian. Thales adalah orang pertama yang berpikiran filsuf ketika bangsa Yunani dikuasai oleh pemikiran mitologis, Pemikiran Thales dianggap sebagai kegiatan berfilsafat pertama karena mencoba menjelaskan dunia dan gejala-gejala di dalamnya tanpa bersandar pada mitos melainkan pada rasio manusia. Thales adalah orang yang pertama kali memikirkan tentang asal mula terjadinya alam semesta.

Pengertian Geografi Menurut Eratosthenes (276-194 SM)
Eratosthenes

Seorang matematikawan, astronom, dan geografer Yunani yang memperkenalkan pengertian istilah geografi dalam ketiga volume bukunya yang bertajuk “Geographika” dalam ketiga buku tersebut ia memetakan seluruh dunia yang dikenalnya, bahkan ia membagi bumi menjadi lima zona iklim. Ia merupakan “Father Of Geography” dia menciptakan terminologi yang dipakai hingga sekarang dan masih banyak lagi kontribusi Erastothenes dalam pengetahuan geografi. 
Menurut Eratosthenes, Geografi adalah penulisan atau penggambaran tentang Bumi. 
Beliau dianggap sebagai peletak dasar pengetahuan Geografi karena tokoh pertama yang memberikan definisi Geografi.

Pengertian Geografi Menurut Strabo (63 SM-24 M)
Strabo

Menyebutkan bahwa geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu mengenai suatu tempat dengan memperhatikan juga hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan. 
Geografi sejak perkembangannya, dimulai dari menceritakan tentang daerah lain, sudah lebih di khususkan lagi dan sudah adanya konsep region yaitu daerah yang sudah mempunyai ciri khas tersendiri dan adanya hubungan antardaerah (tempat).

Pengertian Geografi Menurut Claudius Ptolomaeus (100 M-170 M)
Claudius Ptolomaeus

geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

Pengertian Geografi Menurut Carl Ritter (1822)
Carl Ritter

Geografi adalah ilmu tentang daerah yang berbeda-beda di permukaan bumi (Different areal) dalam keragamannya.

Pengertian Geografi Menurut Halford Mackinder (1887)
Halford Mackinder

Merupakan seorang geograf Inggris yang meneliti banyak sekali tentang fenomena geografi yang terjadi di sekitar.
Harfold Mackinder memberi definisi geografi sebagai satu kajian mengenai kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.

Pengertian Geografi Menurut Ferdinand von Richthofen (1905)
Ferdinan Von Richthofen

Merupakan seorang ilmuwan dan geografer dari jerman. Menurut dia, 
Geografi merupakan studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat tersebut.

Pengertian Geografi Menurut Paul Vidal de La Blache (1915)
Paul Vidal de La Blache

Merupakan seorang ahli geografi Perancis. Dia dianggap sebagai pendiri geografi Prancis modern dan juga pendiri Sekolah Geopolitik Prancis. Menurut dia 
Geografi adalah ilmu tentang kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung pada bagaimana cara manusia mengelola alam ini.

Pengertian Geografi Menurut Richard Hartshorne (1950)
Richard Hartshorne

Geografi adalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi. 
Dalam pandangan Hartshorne, geografi adalah suatu ilmu yang mampu menjelaskan tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional.

Pengertian Geografi Menurut Frank Debenham (1950)
Frank Debenham

Geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

Pengertian Geografi Menurut Jhon Alexander (1958)
Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia. 
Dalam pandangan Alexander inilah mulai dibahas tentang hubungan timbal balik antara aktivitas manusia serta pengaruhnya terhadap lingkungan alam.

Pengertian Geografi Menurut Maurice Le Lannou (1959)
Mengemukakan bahwa Objek study geografi iyalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi.

Pengertian Geografi Menurut Yeates (1963)
Geografi iyalah ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi. 
Dalam pandangan Yeates, geografi adalah ilmu yang berperanan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan alasan-alasan yang rasional.

Pengertian Geografi Menurut James Fairgrive (1966)
Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. 
Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.

Pengertian Geografi Menurut Paul Claval (1976)
Paul Claval
 
Berpendapat bahwa Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan.

Pengertian Geografi Menurut Prof. Bintarto (1981)
Bintarto
 
Geografi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi, baik secara fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

Pengertian Geografi Menurut Drs. N Daldjoeni
Daljoeni

Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). 
Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawai di muka Bumi. Kemudian halam hal ekologi, geografi mempelajari bagaimana manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun dalam hal region, geografi memplejari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografinya.

Pengertian Geografi Menurut Made Sandy
Geografi adalah ilmu yang berusaha menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi.

Pengertian Geografi Menurut Herioso Setiyono (1996)
Geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.

Pengertian Geografi Menurut Mustofa Bisri (2007)
Geografi adalah ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna serta basil-basil yang diperoleh dari bumi.

Pengertian Geografi Menurut Seminar Lokakarya IGI di Semarang (1988)
Geografi adalah Ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

Itulah tadi merupakan pengertian geografi menurut para ahli, semoga artikel ini bisa menjadi referensi pendukung bagi para peserta didik dalam mempelajari geografi di sekolah khususnya, dan umumnya bagi para pembaca yang sedang mendalami tentang geografi khususnya materi dasar tentang pengertian geografi menurut para ahli, apabila ada tambahan mengenai materi pengertian geografi menurut para ahli silahkan tambahkan di kolom komentar, terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 
Related Posts
Lebih baru Terlama
Zona Geografi
Seorang penggiat pengetahuan geografi yang selalu ingin berbagi pengetahuan dan informasi mengenai fenomena yang terjadi di Bumi

Related Posts

Posting Komentar