aRtmGj9nYCRgAUanjInMp3gEbQOqXBW58gLhi6IP

Index Pembangunan Manusia

Salah satu tahapan dari proses dan tujuan dalam pembangunan nasional Indonesia adalah pengembangan sumberdaya manusia. Tujuan utama pembangunan adalah menciptakan lingkungan yang memungkinkan rakyat untuk menikmati umur panjang, sehat, dan menjalankan kehidupan yang produktif. Pada dasarnya pembangunan manusia adalah sebuah proses pembangunan yang bertujuan agar manusia mampu memiliki Iebih banyak pilihan, khususnya dalam pendapatan, kesehatan dan pendidikan. 




Secara garis besar pembangunan manusia sebagai ukuran kinerja pembangunan secara keseluruhan dibentuk melalui pendekatan tiga dimensi dasar, yaitu : 
  1. umur panjang dan hidup sehat (a long and healthy life) 
  2. pengetahuan (knowledge) 
  3. standar hidup layak (decent standard of living) 
Pendekatan tersebut kemudian dikenal dengan istilah Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sehingga IPM adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia. IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara adalah negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang. Ditentukannya IPM menjadikan kita dapat mengukur keberhasilan pemerintah dalam upaya membangun kualitas hidup manusia. Selain itu, IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah/negara. 

Kriteria IPM suatu daerah dapat dibagi atas : 
Jika IPM < 50, maka IPM rendah 
Jika IPM < 80, maka IPM sedang 
Jika IPM > 80, maka IPM tinggi 
Semakin tinggi nilai IPM suatu daerah, dalam arti semakin mendekati nilai 100, maka semakin bagus tingkat pembangunan manusia di daerah tersebut. 



Related Posts
Zona Geografi
Seorang penggiat pengetahuan geografi yang selalu ingin berbagi pengetahuan dan informasi mengenai fenomena yang terjadi di Bumi

Related Posts

1 komentar

  1. Slot machines | DrmCD
    Slot machines online 화성 출장안마 are a wonderful way to play 원주 출장안마 a little bit of free entertainment. Slot machine 경상북도 출장안마 games 춘천 출장샵 can be played online free. Play the 군포 출장안마 best slots, slot machines

    BalasHapus
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, jangan spam, link aktif langsung hapus.